Nabi Melarang Minuman Keras, berikut hadis-hadisnya

mku-membangun-keluarga-utama-post

 

Minuman keras adalah minuman yang dapat memabukkan jika diminum. Meminum minuman keras dapat menjadikan seseorang hilang akalnya dan tidak mungkin bisa melakukan ibadah dengan baik.

Meminum minuman keras sangat dilarang oleh Rasulullah karena banyak mengandung madhorot atau bahaya bagi peminumnya. Berikut hadis-hadis tentang efek dari meminum minuman keras:

Pertama,

قَالَ النَّبِيُّ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: {مَنْ شَرِبَ الْخَمْرَ فِى الدُّنْيَا لَمْ يَشْرَبْهَا فِى الْآخِرَةِ}.

Artinya: “Nabi saw. bersabda, “Siapa yang mengkonsumsi minuman keras di dunia, maka ia tidak akan meminumnya di akhirat.” Hadis ini diriwayatkan oleh imam Ibnu Majah dari sahabat Abu Hurairah r.a. dan imam Al-Hakim dari sahabat Ibnu Umar r.a.”

Kedua,

قَالَ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: {مَنْ شَرِبَ الْخَمْرَ مُمْسِيًا أَصْبَحَ مُشْرِكًا وَمَنْ شَرِبَهَا مُصْبِحًا أَمْسَى مُشْرِكًا}.

Artinya: “Nabi saw. bersabda, “Siapa yang mengkonsumsi minuman keras di waktu sore, maka paginya ia akan menjadi orang yang musyrik, dan siapa yang mengkonsumsinya di pagi hari, maka sorenya ia akan menjadi orang yang musyrik.” Berdasarkan penelusuran kami, kami belum menemukan periwayat hadis ini. Begitu pula dengan imam An-Nawawi Al-Bantani ketika mensyarah hadis ini tidak menjelaskan periwayatnya.”

Ketiga,

وَقَالَ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: {الْخَمْرُ أُمُّ الْخَبَائِثِ فَمَنْ شَرِبَهَا لَمْ تُقْبَلْ صَلَاتُهُ أَرْبَعِيْنَ يَوْمًا، فَإِنْ مَاتَ وَهِيَ فِيْ بَطْنِهِ مَاتَ مَيْتَةً جَاهِلَيَّةً}.

Artinya: “Nabi saw. bersabda, “Minuman keras itu induk dari hal-hal yang buruk, siapa yang meminumnya maka shalatnya tidak akan diterima selama empat puluh hari, jika ia meninggal sedangkan minuman keras berada di dalam perutnya, maka ia akan meninggal dunia dalam keadaan jahiliyyah.” Hadis ini diriwayatkan oleh imam Ath-Thabarani dari sahabat Abdullah bin Amr bin ‘Ash r.a.”

Keempat,

وَقَالَ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: {شَارِبُ الْخَمْرِ كَعَابِدِ اللاَّتِ وَالْعُزَّى}.

Artinya: “Nabi saw. bersabda, “Pengkonsumsi minuman keras itu seperti orang yang menyembah patung Lata dan Uzza.” Hadis ini diriwayatkan oleh imam Al-Harits bin Abi Umamah dari sahabat Abdullah bin ‘Amru bin ‘Ash r.a.”

Sumber :

https://akurat.co/rahmah/id-1241918-read-5-hadis-nabi-tentang-efek-buruk-minum-minuman-keras