TABEL NISBAH BAGI HASIL SIMPANAN KJKS BMT AL HUDA


Bulan : Oktober 2013

SIMPANAN

NISBAH

NOMINAL

AGT

BMT

PER 1 JUTA

3 BULAN

40

60

Rp. 10.000

6 BULAN

44

56

Rp. 11.000

12 BULAN

48

52

Rp. 12.000

PENDIDIKAN

12

88

AMANAH

44

56

HAJI

18

82

MUDHARABAH

09

91

Pengertian Pembiayaan

Diposkan oleh BMT Al Huda pada hari Senin, 12 September 2011



            Pembiayaan selalu berkaitan dengan aktivitas bisnis. Untuk itu, sebelum masuk ke masalah pengertian pembiayaa, perlu diketahui apa itu bisnis. Bisnis adalah aktivitas yang mengarah pada peningkatan nilai tambah melalui proses penyerahan jasa, perdagangan atau pengelohan barang ( produksi). Pelaku bisnis dalam menjalankan bisnisnya sangat membutuhkan sumber modal. Jika pelaku tidak memiliki modal secara cukup, maka ia akan berhubungan dengan pihak lain, seperti bank, untuk mendapatkan suntikan dana, dengan melakukan pembiayaan.
            Untuk mengetahui lebih jauh tentang dua kata yang berkaitan dengan pembiayaan dan bisnis, maka perlu dibahas secara singkat sebagai berikut :
            Bisnis adalah sebuah aktivitas yang mengarah pada peningkatan nilai tambah melalui proses penyerahan jasa, perdagangan atau pengolahan barang (produksi).  Dengan kata lain, bisnis merupakan aktivitas berupa pengembangan aktivitas ekonomi dalam bidang jasa, perdagangan dan industry guna mengoptimalkan nilai keuntungan.
            Pembiayaan atau financing, yaitu pendanaan yang diberikan oleh suatu pihak kepada pihak lain untuk mendukung investasi yang telah direncanakan, baik dilakukan sendiri maupun lembaga. Dengan kata lain, pembiayaan adalah pendanaan yang dikeluarkan untuk mendukung investasi yang telah direncanakan.
            Dalam kaitannya dengan pembiayaan pada perbankan syari’ah atau istilah teknisnya disebut sebagai aktiva produktif. Menurut Ketentuan Bank Indonesia aktiva produktif adalah penanaman dana Bank syari’ah baik dalam rupiah maupun valuta asing dalam bentuk pembiayaan, piutang, qardh, surat berharga syariah, penempatan, peyertaan modal, penyertaan modal sementara, komitmen dan kontinjensi pada rekening administrative serta sertifikat Wadi’ah Bank Indonesia ( Peraturan Bank Indonesia No. 5/7/PBI/ 2003 tanggal 19 Mei 2003).